Info Terkini: Gempa Kembali Mengguncang Papua, Kali Ini di Waropen

Info Terkini: Gempa Kembali Mengguncang Papua, Kali Ini di Waropen

 
Gempa dengan magnitudo 5,1 mengguncang Waropen, Papua, pada hari Rabu, 11 Januari 2023, pukul 14.59 WIB atau 15.59 WIT. (BMKG)

– Gempa dengan magnitudo 5,1 mengguncang Waropen, Papua, pada hari Rabu, 11 Januari 2023, pukul 14.59 WIB atau 15.59 WIT. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan titik pusat gempa berada di darat pada koordinat 2.64 Lintang Selatan dan 137.02 Bujur Timur, atau 44 kilometer timur laut Waropen, pada kedalaman 60 kilometer.

Pembaruan Parameter

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan wilayah Kirihi, Waropen, Papua, diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,9.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,80° Lintang Selatan dan 137.04° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Kirihi, Waropen, Papua, pada kedalaman 62 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi dalam lempeng Papua,” ujar Daryono.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar-turun atau oblique-normal.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Nabire dengan skala intensitas III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan truk berlalu. Selain itu, hingga pukul 15.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.   

Daryono mengajak warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga meminta warga menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *