Makna Logo Ulang Tahun Jogja Bertema Sulih Pulih Luwih

Liputan6.com, Jakarta – Kota Yogyakarta telah genap berusia 266 tahun kemarin, Jumat, 7 Oktober 2022. Dalam peringatan ulang tahun Jogja tahun ini, pemerintahnya merilis logo bertema “Sulih Pulih Luwih.”

Mengutip situs webnya, Sabtu (8/10/2022), peluncuran, sekaligus pemasangan logo HUT ke-266 Yogyakarta dimulai pada 1 Oktober 2022 di kawasan Jembatan Kleringan bantaran Sungai Code. Selain, peluncuran logo tersebut juga dilaksanakan serentak di Yogyakarta dan Jakarta dalam kegiatan Pesona Nusantara oleh penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi dan Wakil Gubernur DIY Paku Alam X.

 

Di Kota Yogyakarta, peluncuran dilakukan Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, dengan menekan tombol untuk menyalakan lampu logo HUT ke-266 kota Jogja yang dipasang di atas Jembatan Kleringan. “Mudah-mudahan Yogyakarta jadi lebih baik di masa mendatang,”  kata Aman saat video telekonferensi dengan para peserta kegiatan peluncuran logo di Jakarta.

Logo HUT ke-266 Yogyakarta sendiri berupa gunungan terdiri dari beberapa elemen: motif flora hijau, motif lengkung emas, ornamen umpak joglo, lengkung emas, ulir tugu, dan ekor garuda. Elemen-elemen itu mewakili berbagai unsur yang jadi pondasi dalam pembangunan di Kota Budaya.

Secara filosofis, logo tersebut menunjukkan bahwa cita-cita pembangunan Kota Yogyakarta hanya dapat diwujudkan dengan kemanunggalan antara pemimpin dan masyarakat. Sementara, tema Sulih Pulih Luwih dimaknai dari kondisi Yogyakarta saat ini yang “berhasil melewati pandemi dengan fase lebih baik.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *