Manfaat ASI Kurangi Risiko Leukemia pada Anak

Manfaat ASI Kurangi Risiko Leukemia pada Anak

 
Ilustrasi menyusui. MomTricks

 – Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), leukemia adalah kanker yang paling umum pada anak. Leukemia myeloid dan leukemia limfostik akut menyebabkan sekitar 30 persen anak menderita kanker. 

Sebuah studi baru menemukan air susu ibu (ASI) dapat menurunkan risiko munculnya kanker pada anak. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal JAMA Pediatrics oleh para peneliti di Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Haifa di Israel.

Studi menunjukkan ASI dapat membantu mengurangi risiko leukemia pada masa kanak-kanak. Hal ini diyakini karena efek perlindungan dari zat tertentu seperti laktoferi dalam ASI. Karena itu ASI dapat mencegah kanker sehingga dapat mengurangi risiko leukemia. Berdasarkan hasil meta-analisis, 14-19 persen dari semua kasus leukemia pada anak dapat dicegah dengan minum ASI selama enam bulan atau lebih

Manfaat prebiotik
Para peneliti juga meninjau literatur medis untuk artikel yang diterbitkan antara Januari 1960 dan Desember 2014 yang menyelidiki hubungan antara menyusu ibu dan leukemia pada anak. Hasilnya, minum ASI selama enam bulan atau lebih memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena leukemia pada anak. Sedangkan yang menyusu dalam waktu singkat atau bahkan tidak disusui sama sekali berisiko 11 persen lebih rendah terkena leukemia.

Salah satu alasan menyusu dapat mengurangi risiko leukemia karena ASI mengandung antibodi yang bertindak sebagai prebiotik untuk membantu membangun mikrobioma usus yang sehat. ASI juga memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. ASI juga mengandung protein yang disebut laktoferin. Protein ini membantu membunuh mikroba dan mengurangi peradangan.

Para penulis menyimpulkan minum ASI adalah tindakan mendukung kesehatan yang sangat mudah dilakukan. Hasil studi sudah menunjukkan menyusu selama enam bulan atau lebih dapat membantu menurunkan risiko insiden leukemia pada anak. Para peneliti juga menunjukkan menyusu dapat mengurangi risiko anak terkena leukemia limfoblastik akut, sejenis kanker darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *