Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Raih Skoll Award 2023

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Raih Skoll Award 2023

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menggelar kirab budaya sebagai acara pembuka Rakernas ke-VII di Rejang Lebong, Bengkulu, Jumat, 17 Maret 2023.  TEMPO/Rosseno Aji
Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menggelar kirab budaya sebagai acara pembuka Rakernas ke-VII di Rejang Lebong, Bengkulu, Jumat, 17 Maret 2023. TEMPO/Rosseno Aji

 – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) berhasil meraih penghargaan Skoll Award 2023 untuk Inovasi Sosial dari Skoll Foundation. Penghargaan ini diberikan ke organisasi-organisasi yang dinilai telah berperan memajukan perubahan sosial di seluruh dunia.

Selain AMAN, Skoll Award 2023 juga diberikan kepada empat organisasi lainnya, yaitu Reach Digital Health dari Afrika Selatan, Protect Democracy dan Policy Link dari Amerika Serikat, serta Conexsus dari Brasil.

Penghargaan ini akan diserahkan dalam Forum Dunia Skoll ke-20 yang berlangsung di New Theatre, Oxford, Inggris, pada Kamis, 13 April 2023.

CEO Skoll Foundation, Don Gips, mengatakan seiring dengan tantangan global yang terus meningkat, para peraih penghargaan Skoll ini lewat tekad dan inovasinya memberi harapan dan inspirasi untuk masa depan.

“Apakah itu menghentikan upaya penggundulan hutan, menggunakan teknologi untuk memastikan ibu baru di Afrika Selatan aman dan sehat, memperkuat demokrasi, atau mendorong perubahan kebijakan bagi individu yang hidup di bawah garis kemiskinan. Para inovator sosial ini mengubah dunia kita,” ucap dia dalam pernyataan resminya dikutip dari Skoll.org, Selasa, 5 April 2023.

Penerima Penghargaan Mendapatkan Dana Bantuan

Presiden dan COO Skoll Foundation, Marla Blow, mengatakan setiap organisasi penerima Skoll Award 2023 akan mendapatkan bantuan dana US$ 2,25 juta atau Rp 33,6 Miliar (Kurs: Rp 14.949) untuk meningkatkan kinerja mereka. Hal ini termasuk dukungan bagi penerima penghargaan untuk memberikan hibah kepada mitra utama dan memperluas kapasitas mereka di bidang pemantauan dan evaluasi serta komunikasi.

“Para Penerima Penghargaan Skoll 2023 membangun dan meningkatkan solusi untuk masalah global yang kompleks dan saling terkait termasuk iklim, demokrasi, perawatan kesehatan, keadilan dan kesetaraan, dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” katanya.

Marla berharap dana bantuan yang diberikan kepada para pemenang dapat digunakan dengan sebaik-baiknya demi meningkatkan kerja mereka.

AMAN Buat Program Pendanaan Dengan Mekanisme Credit Union (CU) Bantu Ekonomi Masyarakat Adat 

Wakil Sekretaris Jenderal AMAN, Mina Serta mengatakan bahwa saat ini AMAN beranggotakan 2449 komunitas masyarakat adat di seluruh Indonesia, jumlahnya sama dengan 20 juta jiwa.

Tujuan keberadaan AMAN kata Mina, diharapkan menjadi rumah bersama untuk menyatukan visi dan misi untuk bergerak bersama konsolidasikan diri perjuangkan hak-hak masyarakat adat.

Mina menyebutkan, kalau di wilayah adat ada banyak sekali potensi ekonomi yang sebenarnya belum di sepenuhnya dikerjakan. Sehingga AMAN menginisiasi dengan mendirikan modal pendanaan mekanisme pendanaan yaitu Creadit Union (CU).

“Kita punya 108 kelompok badan usaha di tingkat komunitas kelompok ini adalah kelompok-kelompok yang mereka bentuk untuk mengidentifikasi potensi ekonomi wilayah adatnya,” kata Mina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *