Threads: Instagram luncurkan aplikasi untuk menyaingi Twitter

 Instagram luncurkan aplikasi Treads, yang disebut akan menyaingi Twitter
Keterangan gambar,Instagram luncurkan aplikasi Treads, yang disebut akan menyaingi Twitter

Pendiri dan kepala eksekutif Facebook Meta, Mark Zuckerberg, mengatakan aplikasi Threads yang baru diluncurkan perusahaannya bertujuan untuk mengungguli Twitter.

Para pengamat berkata, Threads bisa menarik pengguna Twitter yang tidak senang dengan perubahan kebijakan pada platform tersebut.

Threads – yang saat ini belum diluncurkan di Uni Eropa – memungkinkan pengguna untuk mengunggah hingga 500 karakter, dan memiliki banyak fitur yang mirip dengan Twitter.

Aplikasi ini telah diunduh dan diakses sepuluh juga lebih dalam tujuh jam pertama, kata Zuckerberg.

Sebelumnya, dia mengatakan ingin membuat platform yang “bersahabat… yang pada akhirnya akan menjadi kunci keberhasilan”.

Tetapi pemilik Twitter, Elon Musk, menanggapi dengan: “Lebih baik diserang oleh orang asing di Twitter, daripada menikmati kebahagiaan palsu dan kesedihan di Instagram.”

Ketika ditanya apakah aplikasi Threads akan “lebih besar dari Twitter”, Zuckerberg berkata: “Itu akan membutuhkan waktu, tapi saya kira harus ada aplikasi percakapan publik dengan lebih dari satu miliar orang di dalamnya.”

“Twitter punya kesempatan untuk wujudkan itu, meski belum berhasil. Mudah-mudahan kami bisa melakukannya.”

Para pesaing mengkritik jumlah data yang mungkin digunakan aplikasi tersebut. Data itu termasuk kesehatan, keuangan, dan penjelajahan yang ditautkan ke identitas pengguna, menurut Apple App Store.

Threads sekarang tersedia untuk diunduh di lebih dari 100 negara termasuk Inggris, namun belum di Uni Eropa karena persoalan peraturan.

‘Versi awal’

Mark Zuckerberg menghadapi pertanyaan dari sejumlah senator AS.

SUMBER GAMBAR,REUTERS

Keterangan gambar,Mark Zuckerberg menghadapi pertanyaan dari sejumlah senator AS.

Meta, yang menaungi Facebook dan Instagram, menyebut aplikasi baru ini sebagai “versi awal”, dengan fitur tambahan yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan orang-orang di aplikasi media sosial lain seperti Mastodon.

“Visi kami dengan Threads adalah untuk mengambil yang terbaik dari Instagram dan mengembangkannya menjadi teks,” ujar perusahaan itu sebelum peluncuran.

Meskipun Threads menjadi aplikasi tersendiri, pengguna bisa masuk menggunakan akun Instagram. Nama pengguna Instagram pengguna tetap ada, namun ada opsi untuk menyesuaikan profil mereka khusus di Threads.

Pengguna juga bisa memilih untuk mengikuti akun yang sama dengan yang mereka ikuti di Instagram, kata Meta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *