FIA Bantah Abaikan Kesehatan Pembalap F1 Dampak Porpoising

FIA Bantah Abaikan Kesehatan Pembalap F1 Dampak Porpoising

Badan pengatur balap motor mendapat kecaman karena dianggap terlambat membuat pergantian pada peraturan teknis 2023 untuk mengatasi masalah mobil berguncang.

Ini diawali dengan memperkenalkan metrik porpoising pada Grand Prix Belgia akhir. Itu ditujukan untuk melihat seberapa besar gucangan pada mobil.

Itu terjadi setelah para pembalap mengeluh tentang trauma fisik yang mereka hadapi akibat porpoising. Penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa ada potensi kerusakan otak jika mereka terlalu banyak terkena guncangan.

Di luar perubahan saat ini, FIA awalnya berencana untuk menaikkan tepi floor mobil F1 sebanyak 25mm untuk musim depan. Langkah itu memicu penolakan dari tim yang merasa sudah terlambat untuk membuat perubahan besar pada desain mobil.

Setelah diskusi antara Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem, tim, dan pembalap, tercapai kesepakatan untuk perubahan menjadi 15mm. Tetapi, seluruh tim tampaknya telah banyak mengendalikan porpoising dalam beberapa pekan terakhir.

Beberapa tim masih merasa bahwa perubahan 2023 tidak diperlukan dan juara dunia F1 2021 Max Verstappen mengatakan itu terlalu berlebihan.

Ditanya oleh Motorsport.com atas tanggapannya terhadap kritik tersebut, Kepala Urusan Single Seater FIA Nikolas Tombazis merasa sepenuhnya salah jika tidak melakukan apa-apa dan membiarkan pembalap dalam risiko menghadapi masalah kesehatan jangka panjang.

“Kami melihat secara keseluruhan, dengan peningkatan kinerja, ada juga kecenderungan untuk meningkatkan fenomena porpoising. Pada saat yang sama, tim belajar lebih banyak tentang itu dan mereka dapat mengontrolnya dengan lebih baik,” kata Tombazis.

“Sekarang, kita harus bertindak secara bertanggung jawab dalam olahraga ini. Kami melihat contoh olahraga lain yang mengabaikan efek jangka panjang dari kondisi tertentu yang dialami olahragawan.

“Jadi kami merasa kami harus mengambil pandangan jangka panjang tentang hal ini. Regulasi ini akan berlanjut sampai 2025, sebelum kami beralih ke regulasi baru untuk 2026.

“Kami merasa lebih baik bertindak lebih awal daripada berada di sini membahas hal yang sama lagi, dalam waktu satu tahun, dan seterusnya. Jadi itu adalah kombinasi dari semua faktor ini. Plus, tentu saja, kami melakukan kompromi.

“Presiden sangat terlibat dalam semua kompromi ini dan oleh karena itu saya pikir kami menemukan solusi yang tepat pada akhirnya.

“Tetapi kami tidak ragu bahwa beberapa orang di satu sisi argumen akan mengatakan itu terlalu berlebihan, dan orang lain akan mengatakannya kepada kami itu belum cukup. Itu normal.”

Beberapa rencana FIA mendapat penolakan dari tim-tim F1 mengingat itu akan mengubah desain mobil dan mereka harus menyetel ulang mobil. Oleh karena itu, mereka menyetujui untuk menerima kenaikan tepi floor 15mm.

Berbicara tentang sikap timnya terhadap perubahan tersebut, Prinsipal Red Bull Racing Christian Horner mengungkapkan, “Yah, istri saya sering mengatakan kepada saya bahwa ukuran tidak masalah, jadi saya tidak akan terlalu sibuk dengan 10 milimeter!

“Jadi, 25mm versus 15mm, kami harus menjalaninya dan memang seperti itu. Tidak nyaman untuk diperkenalkan pada saat ini sepanjang tahun. Ini sangat terlambat, tetapi itu sama untuk semua orang.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *